Dhafiq Sagara adalah orang bodoh yang tidak bisa apa-apa, tapi dia selalu berusaha untuk terus menjadi yang lebih baik. Rasa keingin-tahuannya sangat tinggi, selalu berusaha dan terus berusaha, trial dan error adalah prinsip belajarnya.

20 Agu 2009

Mengunci Folder Dengan Password

Pada artikel sebelumnya telah saya jelaskan bagaimana menyembunyikan file rahasia kita ke dalam file gambar. Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menyembunyikan file rahasia kita ke dalam folder yang telah di password. Kenapa selalu menyembunyikan file-file rahasia?? karena tentunya kita tidak ingin kan file rahasia kita diketahui oleh orang lain... namanya juga rahasia, ya tentunya kita sendiri donk yang berhak tau...tak ada orang lain. Makanya itu perlu akan saya beri tau bagaimana menyembunyikan file-file rahasia kita agar tidak diketahui orang lain. Cara ini tidak memerlukan aplikasi khusus, melainkan hanya membutuhkan editor berupa notepad ataupun wordpad.


Langsung saja copy-paste script berikut ini ke dalam notepad, kemudian simpan dengan nama kunci_folder.bat (bisa dengan nama lain asalkan format filenya berupa batch file .bat)

@echo off
echo DHAFIQ-SAN LOCKER FOLDER
if EXIST "Folder_Rahasia.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" goto UNLOCK
if NOT EXIST Folder_Rahasia goto MDLOCKER

:CONFIRM
echo Yakinkah anda untuk mengunci "Folder_Rahasia"??(y/n)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM

:LOCK
ren Folder_Rahasia "Folder_Rahasia.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
attrib +h +s "Folder_Rahasia.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
echo Folder_Rahasia telah disembunyikan dengan baik. (untuk membukanya, silahkan jalahkan kembali "kunci_folder.bat")
goto End

:UNLOCK
echo Untuk membuka "Folder_Rahasia", masukkan password:
set/p "pass=>"
if NOT %pass%== sagara goto FAIL
attrib -h -s "Folder_Rahasia.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
ren "Folder_Rahasia.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" Folder_Rahasia
echo Folder Unlocked successfully
goto End

:FAIL
echo Invalid password
goto end

:MDLOCKER
md Folder_Rahasia
echo Folder_Rahasia telah berhasil dibuat
goto End
:End


Atau bisa anda download kunci_folder.bat


Berikut cara kerja dari code diatas:
  • Ketika file kunci_folder.bat dijalankan, maka akan memunculkan folder dengan nama "Folder_Rahasia". Nah, kita bisa memasukkan file-file rahasia kita ke dalam folder tersebut.
  • Kemudian jalankan kembali kunci_folder.bat. Anda diminta persetujuan, tekan y pada keyboard jika anda setuju menyembunyikan folder tersebut. Nah, folder tersebut hilang bukan?? mungkin sebagian orang beranggapan bahwa folder tersebut di hidden. Silahkan Show Hidden Files and Folder melalui Folder Option (menu Tools - Folder Options...). Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini
  • Memang Folder_Rahasia tersebut terhidden system/ super hidden, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini. Tapi apakah anda bisa membukanya?? Apakah anda tidak merasa aneh pada Folder_Rahasia tersebut?? kenapa icon-nya berganti seperti icon Control Panel... Itulah yang terjadi... anda tidak akan bisa mengakses Folder_Rahasia tersebut tanpa file kunci_folder.bat dan passwordnya.
  • Nah, untuk dapat mengakses kembali Folder_Rahasia tersebut...silahkan jalankan kembali file kunci_folder.bat, kemudian anda diminta untuk memasukkan passwordnya... ketikkan password: sagara. (Anda juga bisa mengganti passwordnya melalui code di atas, carilah kata sagara, kemudian gantilah dengan password yang anda inginkan).
  • Setelah anda mengetikkan password dengan benar, maka Folder_Rahasia muncul seperti sedia kala...coba dicek file-file rahasia anda..!! Apakah masih ada??? Tentunya donk...!!!


SELESAI...!!!
SELAMAT MENCOBA...!!!

1 komentar:

  1. saya memakai windows 8 64bit tp folder rahasia yg dibuat saat di show hidden tetap bisa diakses dan tidak berubah menjadi icon control panel..

    mohon pencerahannya!

    BalasHapus