Dhafiq Sagara adalah orang bodoh yang tidak bisa apa-apa, tapi dia selalu berusaha untuk terus menjadi yang lebih baik. Rasa keingin-tahuannya sangat tinggi, selalu berusaha dan terus berusaha, trial dan error adalah prinsip belajarnya.

2 Mei 2011

Tips Trik SEO (Search Engine Optimization) Agar Blog dan Website Mudah Terindex Oleh Search Engine

SEO (Search Engine Optimization) merupakan sebuah strategi/tips and trik agar suatu website ataupun blog menjadi terkenal dengan mampu mendapat urutan pertama pada search engine sepert google, yahoo, bing, dan lain-lain.

Menurut saya pribadi berpendapat bahwa, 'lebih sulit SEO daripada pembuatan websitenya'.

Oleh karena begitu pentingnya SEO untuk pengembangan web agar menjadikan website dan blog kita terkenal, saya menulis artikel ini. Kadang, tidak perlu menjadi terkenal dengan menunjukkan fisik kita pada dunia luar/masyarakat luas, akan tetapi jadilah terkenal karena karya kita. Karya kita yang dapat kita publikasikan di internet melalui media website dan blog, menurut saya itulah cara yang terbaik untuk menjadi terkenal.

Tips Trik SEO:
Disini saya membagi Tips Trik SEO menjadi 2 bagian, yaitu pada sisi Internal dan pada sisi External. Maksudnya adalah:
  1. Internal, trik-trik yang diterapkan adalah bagaimana website yang dibangun menjadi mudah diindex oleh search engine.
  2. External berarti bagaimana kita memasarkan,mengenalkan website kita pada masyarakat luas.


TIPS TRIK SEO PADA SISI INTERNAL:
  1. PEMILIHAN NAMA DOMAIN
    Untuk penamaan domain, disarankan jangan menggunakan subdomain. Domain yang mudah terdeteksi oleh Search Engine adalah domain utama. Misal:
    http://sagara.com
    bukan
    htpp://blog.sagara.com
    Contoh domain yang kedua merupakan subdomain yang mana blog merupakan subdomain dari sagara.com. Kemudian, disarankan jangan menggunakan nama domain yang dipisahkan tanda/karakter/angka. Gunakanlah nama domain yang satu kesatuan utuh. Misal:
    http://mudafiqriyan.com
    jangan menggunakan domain seperti ini
    http://mudafiq-riyan.com
    yang dipisahkan tanda strip (-). Penamaan dengan pemisahan tanda karakter tertentu tersebut KURANG BAIK untuk SEO. Lihatlah alamat website-website perusahaan besar atau website-website yang terkenal, tidak ada ditemukan nama domain yang dipisahkan dengan suatu karakter tertentu. Lihatlah yahoo.com, google.com, apple.com, oracle.com, website-website besar tersebut tidak menggunakan penamaan domain dengan penambahan karakter pemisan strip (-).

    Masih tentang penamaan domain, carilah nama yang unik dan mudah dihafal oleh orang lain. Tujuannya adalah agar jika orang lain lupa-lupa ingat dengan nama website anda, bisa tinggal dicari digoogle. Jika nama domain yang anda pakai adalah nama yang banyak pemakainya, pastinya saat dicari digoole, banyak nama domain yang mirip-mirip. Sehingga orang lain malah jadi bingung.
  2. PENDEKLARASIAN TITLE WEB
    Title pada web juga sangat berpengaruh pada teknik SEO. Title web ini terletak diantara tag <title> dan </title>. Dan title web ini muncul seperti gambar berikut:
    Tulisan: Dhafiq Sagara | Tutorial: Java PHP HTML C++ Oracle PostgreSQL MySQL Ubuntu Windows | Tips Trik | E-Book | Informasi Teknologi merupakan title web. Penamaan title ini sangat dianjurkan untuk panjang secukupnya tetapi jangan sampai melampaui batas (jangan terlalu panjang). Mengapa title web sangat berpengaruh, karena search engine juga mengindex title web dalam pencariannya. Title yang panjang, akan semakin mudah dalam indexing web. Catatan: Title web harus sesuai dengan isi website, karena jika tidak sesuai, maka akan dianggap sebagai spam. Misalkan website anda berisi tentang penjualan jam tangan, isi title web dengan: jam tangan murah | jam tangan original | jam tangan casio | jam tangan g-shock.
  3. PENGGUNAAN META
    Ada beberapa artikel menyebutkan bahwa meta tag tidak mempengaruhi SEO, tapi menurut saya pribadi, memasang meta tag pun tidak ada ruginya, dan sejauh ini saya perhatikan, kadang kala saat pencarian dengan search engine google, saya sering kali menemukan yang ditemukan adalah deskripsi yang ada pada meta tag. Pada beberapa CMS, ada yang menyediakan pengisian meta, ada pula yang tidak. Jika telah disediakan, lebih baik, isilah meta tersebut.
  4. PENGATURAN SEARCH ENGINE FRIENDLY URL
    Search Engine Friendly URL merupakan URL yang mudah dibaca dan mudah dikenali oleh manusia maupun search engine. Berikut contoh Search Engine Friendly URL:
    http://sagara.com/pentingnya-seo-untuk-memasarkan-website.html
    dan berikut contoh URL yang SANGAT TIDAK DIANJURKAN dalam strategi SEO
    http://sagara.com/index.php?option=com_content&view=article&id=25&Itemid=28
    Penamaan URL berupa kode-kode atau ID-ID (seperti contoh URL kedua) tidak akan bisa di index dengan mudah oleh search engine. Jadi sangat diharamkan menggunakan URL yang berupa ID maupun kode. Gunakanlah URL yang mudah dibaca. Nama alamat web harus sesuai dengan isi konten pada website anda, jika tidak, search engine akan mendeteksi sebagai spam.

    Misalkan anda membangun website menggunakan CMS seperti Joomla, Wordpress, Prestashop atau CMS-CMS yang lain. Masing-masing memiliki cara tersendiri untuk konfigurasi URL SEO Friendly. Jika URL SEO Friendly Pada Joomla silahkan dibaca di artikel saya. Jika menggunakan Wordpress, lakukan setting terhadap permalink, dan untuk Prestashop, konfigurasi hampir sama dengan joomla yaitu memanfaatkan file .htaccess. Dan untuk Zen-Cart menggunakan tambahan plugin.
  5. MEMBUAT POST TAGS
    Post Tags ini biasa digunakan untuk mendeklarasikan kata kunci terhadap artikel yang ada. Post Tags ini tersedia pada Worpress. Isikan Post Tags tersebut sesuai isi artikel. Jika tidak sesuai, maka akan dianggap sebagai SPAM. Isikan post tags sebanyak-banyaknya sesuai isi konten, misalkan konten berisi tentang tutorial database link pada postgreSQL, isikan post tags dengan: tutorial, database link, dblink, postgresql.
  6. MEMBUAT TULISAN YANG UNIK DAN DIHARAMKAN COPY-PASTE DARI WEBSITE ATAU BLOG LAIN
    Buatlah tulisan yang unik untuk website atau blog anda. Dan jangan sampai isi konten anda hasil copy-paste atau menjiplak, karena search engine akan mudah mendeteksi konten yang dianggap menjiplak. Alasan lain kenapa diharamkan menjiplak adalah jika isi artikel yang anda bajak berasal dari website yang sudah unggul di search engine, maka website anda akan semakin turun peringkatnya karena kalah dengan website yang sudah berada pada peringkat yang unggul di search engine. Kalaupun anda mendapatkan referensi dari website lain, jangan seutuhnya hasil copy-paste, gunakanlah kata-kata anda sendiri untuk posting artikel.
  7. JANGAN TERBIASA MENGGANTI JUDUL ARTIKEL
  8. MEMBUAT POSTING SECARA BERKALA ATAU RUTIN
    Buatlah artikel secara rutin setidaknya 3 kali dalam seminggu.
  9. BUATLAH WEBSITE YANG RINGAN DAN SEDERHANA
    Terlalu banyak komponen yang memberatkan akses website, semakin susah search engine mengindex website anda. Jadi saran saya jangan banyak menggunakan komponen flash untuk website anda, lebih baik menggunakan fungsi javascript atau jQuery. Pemaparang lengkap optimalisasi website agar lebih ringan, silahkan baca optimalisasi-website-agar-lebih-ringan

    Untuk mengecek kecepatan website anda, silahkan dicek pada http://pagespeed.googlelabs.com/
  10. PASANG LINK TERKAIT
    Maksudnya adalah ketika anda hendak mem-posting artikel, pasangkan kata-kata yang terkait dari artikel anda sebelumnya, dari kata-kata tersebut, pasangkanlah linknya. Atau bisa juga link kategori artikel anda.
    Contoh:










    Dari gambar di atas, jelas bahwa terdapat link tentang pentingnya SEO yang juga menyertakan link dari artikel tentang pentingnya SEO tersebut.
    Tujuannya yaitu agar pembaca artikel anda juga mengunjungi link yang anda sertakan pada artikel tersebut



TIPS TRIK SEO PADA SISI EKSTERNAL:
  1. MENDAFTARKAN WEBSITE ATAU BLOG PADA SEARCH ENGINE
    Search Engine yang ada saat ini sangat banyak, tetapi yang terkenal ada 3 yaitu: google, yahoo, dan bing. Anda wajib mendaftarkan website atau weblog anda pada search engine tersebut. Artikel lebih lengkap untuk mendaftarkan website pada google silahkan di baca Mendaftarkan Website Ataupun Weblog Agar Dikelan Oleh Search Engine.

    Berikut list alamat addurl pada search engine: http://bblmedia.com/addurl.html
  2. MENDAFTARKAN PADA WEBMASTER TOOLS
    Daftarkan website anda pada layanan yang disediakan oleh search engine yaitu webmaster tools.
    Berikut cara untuk mendaftarkan pada google webmaster tools.
  3. BACK LINK ATAU TUKAR LINK
    Silahkan saling bertukar link dengan website-website yang lain, selain memudahkan orang lain mengakses website anda dari website lain, juga bisa menambah daftar teman di dunia maya.
  4. MENJADI SPAM
    Eits, jangan diambil sisi negatif dulu. Maksudnya jadi SPAM disini adalah sering-seringlah kita memberikan komentar ke website atau blog lain dan jangan lupa menyertakan alamat website kita sendiri.
  5. PROMOSIKAN WEBSITE MELALUI JEJARING SOSIAL
    Maraknya jejaring sosial seperti facebook dan twitter bisa kita gunakan sebagai media promosi website. Cara ini sangat berpotensi terhadap popularitas website anda.
    Jika anda menggunakan facebook, jangan sekali-kali menunjukkan bahwa anda promosi, postinglah pada facebook anda tanpa melakukan tag-tag atau mention-mention pada orang lain, biarkan saja orang lain membaca sendiri melalui facebook anda. Karena kebanyakan orang tentu jenuh dan bosan jika sering ditag-tag URL ataupun gambar.


Setelah anda mengaplikasikan teknik-teknik SEO, setelah beberapa waktu, silahkan di cek page rank terhadap google melalui http://prchecker.info/
Anda juga dapat memeriksa berapa banyak pengunjung anda, negara mana aja yang sering mengunjungi website anda, link/content mana aja yang sering dikunjungi, itu dapat di cek menggunakan Google Analytics.


SEMOGA BERMANFAAT...!!!!

8 komentar:

  1. wah mohon ilmune smpeyan juga di share yach :D
    makasih atas kunjungannya gan

    BalasHapus
  2. absolutely great.....

    BalasHapus
  3. Matur nuwun ya ilmunya....saya new bie...
    perlu banyak belajar....

    BalasHapus
  4. Wuih mantap artikelnya sob :)
    Terimakasih dan jangan lupa update yang lebih mantap lagi :)
    Di tunggu ya ...
    Jangan lupa mampir di toko ane

    BalasHapus
  5. Numpang tanya gan.. ane punya blog : sewaforkliftjogja.blogspot.com kompetitor ane punya blog : seaaforklift-jogja.blogspot.com
    Tapi pas dicari pakai kata kunci : sewa forklift jogja kenapa blog ane muncul dibawah blog kompetitor ane gan? Katanya kalau tanpa strip bisa lebih diinget sama robot pencari google, mohon pencerahannya nih.. tenkyu.. sukses selalu...

    BalasHapus
  6. Numpang tanya gan.. ane punya blog : sewaforkliftjogja.blogspot.com kompetitor ane punya blog : seaaforklift-jogja.blogspot.com
    Tapi pas dicari pakai kata kunci : sewa forklift jogja kenapa blog ane muncul dibawah blog kompetitor ane gan? Katanya kalau tanpa strip bisa lebih diinget sama robot pencari google, mohon pencerahannya nih.. tenkyu.. sukses selalu...

    BalasHapus