Dhafiq Sagara adalah orang bodoh yang tidak bisa apa-apa, tapi dia selalu berusaha untuk terus menjadi yang lebih baik. Rasa keingin-tahuannya sangat tinggi, selalu berusaha dan terus berusaha, trial dan error adalah prinsip belajarnya.

1 Mei 2011

URL SEO Friendly Pada Joomla

Sudah paham tentang pentingnya SEO kan? Apalagi SEO untuk website-website e-commerce, pasti sangat berperan penting dalam bisnis.
Sekarang apakah anda sudah mengenal CMS Joomla? Joomla merupakan CMS yang bisa digunakan untuk website portal maupun website e-commerce yang mana untuk website e-commerce, Joomla membutuhkan plugin yang namanya VirtueMart.

Kali ini kita akan mempelajari salah satu teknik SEO pada CMS Joomla, yaitu URL SEO Friendly Pada Joomla. Dalam teknik SEO, nama URL pun menjadi parameter penting dalam pendeteksian oleh search engine, sehingga alamat URL yang mudah dibaca, akan mudah terindex oleh search engine. Padahal, secara default, URL pada Joomla tidaklah SEO Friendly. Oke lihatlah URL Joomla berikut:
http://situsjoomla.com/index.php?option=com_content&view=article&id=25&Itemid=28
URL tersebut di atas bukanlah URL yang SEO Friendly, nah bagaimana kita melakukan setting terhadap Joomla agar menjadi SEO Friendly URL? berikut caranya:
  1. Didalam directory Joomla terdapat file htaccess.txt, gantilah nama file tersebut dengan nama .htaccess (jika menggunakan sistem operasi Linux bisa langsung di rename). Akan tetapi, jika anda menggunakan sistem operasi Windows, tidak akan bisa di-rename dengan nama .htaccess, melainkan menggunakan cara lain, yaitu silahkan download file .htaccess.zip berikut. Kemudian extract file zip tersebut dan pindahkan file didalamnya, yaitu .htaccess tersebut ke dalam directory utama dari Joomla. Setelah copykan semua isi dari file htaccess.txt ke dalam .htaccess tersebut (gunakan notepad atau notepad++ untuk membuka file .htaccess tersebut), kemudian simpan.
  2. Masuklah (login) sebagai administrator pada website Joomla.
  3. Kemudian pada halaman utama administrator, pilih menu Site - Global Configuration





















  4. Di sebelah kanan terdapat SEO Setting












  5. Kemudian ubahlah semua komponen SEO Setting tersebut (Search Engine Friendly URLs, Use Apache mod_rewrite, dan Add suffix to URLs) menjadi Yes. Kemudian tekan tombol Apply
  6. Setelah itu, yang perlu diperhatikan saat membuat artikel pada Joomla yaitu nama pada alias text box harus diisi, karena URL SEO Friendly akan menyesuaikan dari nama alias tersebut.










  7. Kemudian silahkan masuk ke halaman website joomla anda, dan silahkan akses semua menu link yang ada pada website Joomla anda. URL telah menjadi Friendly SEO. Yang semula
    http://situsjoomla.com/index.php?option=com_content&view=article&id=25&Itemid=28
    menjadi
    http://situsjoomla.com/cara-pembayaran.html


Semoga dapat bermanfaat untuk developer Joomla


5 komentar:

  1. wah makasih mas... saya memang developer CMS joomla...

    BalasHapus
  2. Kayaknya patut di coba to.
    Tpi saya belum mencobnya.
    Moga2 saja bisa yah

    BalasHapus
  3. mas g bisa mas caranya gimana ya

    BalasHapus
  4. ini cara lama ya? yang lebih expert lagi ada gak?

    BalasHapus