Dhafiq Sagara adalah orang bodoh yang tidak bisa apa-apa, tapi dia selalu berusaha untuk terus menjadi yang lebih baik. Rasa keingin-tahuannya sangat tinggi, selalu berusaha dan terus berusaha, trial dan error adalah prinsip belajarnya.

23 Mei 2011

E-Book CakePHP - Beginning CakePHP From Novice to Professional

This guide is for beginners to CakePHP. Whether or not you have much experience with the PHP scripting language, working in Cake will require some new methods you may or may not have tried before. If you don’t know what a "has-and-belongs-to-many" relationship is, don’t know how to build your own class object, or don’t know how to parse an array, then this book is a perfect place to start when getting into Cake.

Most of the available online resources require some sort of prior knowledge of web development to get a grasp on how to install and work in Cake. If you’re like me when I started using Cake, you probably just want a handful of tutorials with code samples from square one that can get you up and running quickly and lead you in the right direction for more advanced techniques. In fact, when asking a question on forums or chat rooms, many beginners get little help or confusing leads from the experts. Simple questions can get a response like "Well, just read the online manual and API." Sometimes novices need a very simple approach to the software, and this guide is just that. As you begin to master Cake, this guide will also provide tips and a reference for helping you quickly add more features to your projects and catch errors.

This book will start by showing how to install Cake on a server and your own computer and will provide some detailed code samples and visual snapshots to walk you through the process. In Chapter 2, I’ll show how to build a simple Cake application. You’ll get used to the Model-View-Controller (MVC) structure and how to organize your Cake applications effec-tively. In Part 2, you’ll build more extensive web applications in Cake, and you’ll explore Cake’s built-in helpers, including the Ajax helper, and work with more advanced features. By the end of the book, you will be able to create your own helpers, plugins, and other useful features that will reduce the overall amount of code to run your applications, and you’ll also have a solid enough foundation to try other advanced features on your own.

Panduan ini diperuntukkan bagi pemula untuk CakePHP. Apakah Anda punya banyak pengalaman dengan bahasa PHP scripting, yang bekerja di Cake akan memerlukan beberapa metode baru Anda mungkin atau tidak mungkin telah mencoba sebelumnya. Jika Anda tidak tahu apa yang "memiliki-dan-milik-ke-banyak" hubungan ini, tidak tahu bagaimana membangun objek kelas Anda sendiri, atau tidak tahu bagaimana mengurai sebuah array, maka buku ini adalah tempat yang sempurna untuk memulai ketika masuk ke Cake.

Sebagian besar sumber daya online yang tersedia memerlukan beberapa jenis pengetahuan sebelumnya pengembangan web untuk mendapatkan pemahaman tentang cara menginstal dan bekerja di Cake. Jika Anda seperti saya ketika saya mulai menggunakan Cake, Anda mungkin hanya ingin sedikit tutorial dengan contoh kode dari satu persegi yang dapat membuat Anda bangun dan berjalan cepat dan membawa Anda ke arah yang benar untuk teknik yang lebih maju. Bahkan, ketika mengajukan pertanyaan di forum atau chat room, banyak pemula mendapatkan sedikit bantuan atau arahan membingungkan dari para pakar. pertanyaan sederhana bisa mendapatkan respon seperti "Yah, hanya membaca panduan online dan API." Kadang-kadang siswa membutuhkan pendekatan yang sangat sederhana untuk perangkat lunak, dan panduan ini hanya itu. Ketika Anda mulai menguasai Cake, panduan ini juga akan memberikan tips dan referensi untuk membantu Anda dengan cepat menambahkan lebih banyak fitur untuk proyek-proyek Anda dan menangkap kesalahan.

Buku ini akan memulai dengan menunjukkan cara menginstal Cake pada server dan komputer sendiri dan akan memberikan beberapa contoh kode rinci dan snapshot visual untuk memandu Anda melalui proses tersebut. Dalam Bab 2, saya akan menunjukkan bagaimana membangun sebuah aplikasi Cake sederhana. Anda akan mendapatkan digunakan untuk struktur (MVC) Model-View-Controller dan bagaimana Anda mengatur aplikasi Kue effec-tively. Dalam Bagian 2, Anda akan membangun aplikasi web yang lebih luas di Cake, dan Anda akan menjelajahi Cake built-in pembantu, termasuk penolong Ajax, dan bekerja dengan fitur yang lebih maju. Pada akhir buku ini, Anda akan mampu menciptakan helper sendiri, plugin, dan fitur berguna lainnya yang akan mengurangi jumlah keseluruhan kode untuk menjalankan aplikasi Anda, dan Anda juga akan memiliki dasar yang cukup kuat untuk mencoba lanjutan lainnya fitur sendiri.

Download E-Book CakePHP:
E-Book CakePHP - Beginning CakePHP From Novice to Professional (Google Docs)

2 komentar:

  1. lebih gampang cake atau memakai CI???

    BalasHapus
  2. dari segi gampangnya sih gampang CI
    tp klo skala enterprise, lebih bagus cake. katanya sih yg lebih bagus lagi itu Symphony gan, tapi ane blm pernah nyoba.

    BalasHapus