Dhafiq Sagara adalah orang bodoh yang tidak bisa apa-apa, tapi dia selalu berusaha untuk terus menjadi yang lebih baik. Rasa keingin-tahuannya sangat tinggi, selalu berusaha dan terus berusaha, trial dan error adalah prinsip belajarnya.

24 Mei 2011

Traffic Web

Web traffic is the amount of data sent and received by visitors to a web site. It is a large portion of Internet traffic. This is determined by the number of visitors and the number of pages they visit. Sites monitor the incoming and outgoing traffic to see which parts or pages of their site are popular and if there are any apparent trends, such as one specific page being viewed mostly by people in a particular country. There are many ways to monitor this traffic and the gathered data is used to help structure sites, highlight security problems or indicate a potential lack of bandwidth — not all web traffic is welcome. (wikipedia).


Traffic Web adalah jumlah data yang terkirim dan diterima oleh pengunjung ke situs web. Ini adalah sebagian besar lalu lintas yang terjadi di internet. Hal ini ditentukan oleh jumlah pengunjung dan jumlah halaman yang mereka kunjungi. Situs memonitor lalu lintas masuk dan keluar untuk melihat bagian mana atau halaman situs mana yang populer. Seperti satu halaman khusus yang dilihat terutama oleh orang-orang di suatu negara tertentu. Ada banyak cara untuk memonitor lalu lintas ini dan data yang dikumpulkan digunakan untuk membantu struktur situs, menyoroti masalah-masalah keamanan atau menunjukkan kurangnya potensi bandwidth - tidak semua lalu lintas web menyambut.

Jika kita membahas mengenai traffic website, merupakan tindak lanjut dari teknik SEO. Jika sudah menerapkan teknik-teknik SEO, mari kita periksa traffic web kita. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendeteksi seberapa banyak pengunjung, berasal dari negara mana saja, artikel/link mana saja yang dikunjungi. Semua itu sangat penting dalam dunia SEO, karena jika kita bisa mengetahui traffic web kita, kita bisa mengambil langkah-langkah tertentu untuk pengembangan website kita. Misalkan: artikel berupa tutorial ternyata sedikit pengunjungnya, kita bisa mengembangkan website kita ke artikel lain, misalkan berupa curhatan atau kehidupan sehari-hari, dan ternyata lebih banyak pengunjungnya. Itulah tujuan mengetahui traffic web.


Cara Mengetahui Traffic Web:
  1. Google Page Rank
    Page Rank digunakan untuk mengukur peringkat website atau weblog kita di kalangan search engine.
    Untuk memeriksa page rank website atau weblog anda melalui prchecker.info atau mypagerank.net
    Pendeteksi Page Rank tersebut hanya untuk Search Engine Google, secara google merupakan search engine yang paling terkenal dan sering banyak pemakainya. Google Page Rank tersebut memiliki nilai antara 0 sampai 10. Semakin besar nilainya, semakin naik pula peringkat website anda di search engine.
  2. Alexa Traffic Rank
    Alexa traffic ini juga dapat mendeteksi peringkat traffic web anda. Pada alexa traffic ini, semakin kecil nilainya, semakin bagus traffic website anda (sama seperti peringkat pada dunia akademik).
    Silahkan dicek ke alamat alexa.com.
  3. Google Analytics
    Google Analytics ini tidak untuk mendeteksi peringkat traffic, tetapi justru lebih kompleks. Karena pada google analytics ini kita bisa mengetahui seberapa banyak pengunjung website kita pada harian, mingguan, bulanana, bahkan tahunan. Berasal dari negara mana saja pengunjung website kita, link mana saja yang banyak pengunjungnya. Semua bisa diperiksa di google analytics.
    Oleh karena itu segera daftarkan website anda pada google analytics agar kita bisa mendeteksi traffic website kita. Berikut link google analytics: http://www.google.com/analytics/

Cara lain yang bisa kita lakukan selain teknik SEO normal adalah melakukan ping kepada website kita melalui layanan ping yang disediakan oleh website-website tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar