Dhafiq Sagara adalah orang bodoh yang tidak bisa apa-apa, tapi dia selalu berusaha untuk terus menjadi yang lebih baik. Rasa keingin-tahuannya sangat tinggi, selalu berusaha dan terus berusaha, trial dan error adalah prinsip belajarnya.

13 Apr 2011

Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) - Kuliah 1



Interaksi Manusia & Komputer

Pengertian :
Interaksi manusia dan komputer lahir sejak di pikirkannya alat pembantu manusia. Suatu interaksi lahir karena adanya subjek (sebagai bahan yang dikenai pekerjaan), predikat (sebagai bahan yang memberikan pekerjaaan) dan objek (sebagai bahan pekerjaan tersebut).

Bagi mahasiswa terutama informatika suatu pemikiran yang canggih dalam artian algoritma komputer yang tanpa memperhatikan alur kerja komputer maka tidak terjadi interaksi antara komputer dan manusia. Dalam artian manusia harus mengerti bagaimana instruksi – instruksi yang diberikan dijalankan oleh komputer.

Terdapat banyak pengertian yang menjelaskan tentang Interaksi Manusia Komputer diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Sekumpulan proses dialog dan kegiatan dimana melaluinya pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer.(Sudarmawan, Dony, 2009).
  2. Suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena disekitar manusia itu sendiri. (Ghaoui,2006).
  3. Suatu studi ilmiah tentang masyarakat didalam lingkungan kerjanya. (Sudarmawan, Dony, 2009)
  4. Disiplin ilmu yang melibatkan interaksi antara pengguna dan komputer dengan melibatkan berbagai disiplin ilmu lainnya. (Galitz,2002).
  5. Suatu ilmu yang mempelajari perencanaan dan desain tentang cara manusia komputer saling bekerja sama sehingga manusia dapat merasa puas dengan cara yang paling efektif. (Soetam,2007)
Dari beberapa penjelasan tentang interaksi manusia dan komputer diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa kunci utama IMK itu sendiri adalah penerapan prinsip daya guna (usability), safety( keamaanan), easy to learning (mudah untuk dipelajari), user friendly, sesuai kaidah dan norma umum yg berlaku.

Faktor – Faktor pendukung IMK
Merujuk pada definisi tentang IMK diatas dijelaskan bahwa IMK merupakan suatu ilmu multi disiplin, banyak faktor yang mempengaruhinya antara lain:
  • Computer science & Software Engineering
    Faktor rekayasa perangkat lunak merupakan suatu faktor yang bisa menciptakan suatu program yanng efektif, efisien serta user friendly sehingga tercipta suatu sistem yang tepat guna bagi pengguna
  • Linguistic
  • Artificial Intelligence
  • Cognitive Science
  • Ergonomics
  • Anthropology
  • Sociology
  • Multimedia
  • Technical Writing
  • Organization Psychology
  • Business
  • Mathematics
  • Cognitive Psychology
  • Social Psychology

Tidak ada komentar:

Posting Komentar