Dhafiq Sagara adalah orang bodoh yang tidak bisa apa-apa, tapi dia selalu berusaha untuk terus menjadi yang lebih baik. Rasa keingin-tahuannya sangat tinggi, selalu berusaha dan terus berusaha, trial dan error adalah prinsip belajarnya.

1 Jan 2011

Database Link Oracle

Konsep utama dari sistem basisdata distribusi adalah database link. Database Link adalah suatu koneksi antara dua database fisik yang memungkinkan client untuk mengakses datanya sebagai satu databaselogic.


Database link merupakan sebuah pointer yang didefinisikan sebagai satu-arah jalur komunikasi dari server Oracle Database kepada server database lainnya. Koneksi database link memungkinkan user-user lokal untuk mengakses data pada database remote. Agar koneksi ini berhasil, setiap database pada sistem distribusi harus memiliki global database name yang unik pada domain jaringan.


Database link bisa bersifat private (pribadi) atau public (umum). Jika bersifat private, maka hanya user yang telah membuatnya memiliki akses dan jika link adalah public maka semua user database bisa menggunakannya untuk mengakases. Satu perbedaan signifikan mengenai database link adalah bagaimana caranya koneksi dengan database remote.

Silahkan download artikel yang saya tulis di ilmukomputer.com: Mudafiq-DatabaseLinkOracle

1 komentar: