Dhafiq Sagara adalah orang bodoh yang tidak bisa apa-apa, tapi dia selalu berusaha untuk terus menjadi yang lebih baik. Rasa keingin-tahuannya sangat tinggi, selalu berusaha dan terus berusaha, trial dan error adalah prinsip belajarnya.

29 Des 2010

Information Package Dalam Menggambarkan Kebutuhan Bisnis Untuk Jangka Panjang

Information Package yang dimaksud disini adalah sebuah konsep pengumpulan data, pe-record-an data yang dapat memberikan bentuk informasi yang konkret sebagai bentuk untuk pengembangan data warehouse pada fase ke depannya. Adanya information package disini sangat berguna untuk pengambilan keputusan (decision making).

Sebagai contoh kasus:
Terdapat perusahaan besar yang bergerak di bidang distributor buku dengan kawasan pengembangan di wilayah domestik sampai internasional. Perusahaan memesan buku dari penerbit yang kemudian didistribusikan ke bookseller / agen buku seperti gramedia, togamas, dan lain-lain. Buatlah sebuah information package diagram yang dapat digunakan untuk membangun sebuah data warehouse untuk menganalisa dimensi bisnis untuk pengembangan di masa depan.

Bagaimana table of information package dari seorang manajer pemasaran (ibaratkan anda menjadi seorang manajer pemasaran dan dituntut harus membuat terobosan-terobosan baru untuk perkembangan perusahaan di masa datang).

Penjelasan Tabel:
  1. Harus membuat beberapa dimensi yang memungkinkan untuk pengolahan data, dimensi yang ada yaitu:
    • Waktu: dari waktu kita bisa mengetahui peningkatan penjualan buku di tiap kategori waktu (seperti tahunan, semester, bulanan, mingguan, harian dan even). Maka kita bisa mengetahui tahun berapa penjualan meningkat dan hingga pada even-even apa saja penjualan buku meningkat.
    • Produk: dari dimensi produk ini, kita bisa mengetahui kategori produk apa yang laris terjual, hingga lebih spesifik yaitu judul buku apa yang banyak diminati.
    • Lokasi: pada dimensi lokasi ini, manajer bisa mengetahui lokasi mana penjualan paling banyak dan paling sedikit, sehingga manajer bisa menentukan keputusan untuk penigkatan penjualan seperti memberikan diskon pada lokasi penjualan yang sedikit peminat, dan lain sebagainya.
    • Produsen: dengan adanya dimensi ini, dapat diketahui penerbit dan pengarang yang digemari oleh konsumen.
    • Agen: dari dimensi agen ini dapat diketahui agen-agen penjualan buku yang banyak dikunjungi oleh konsumen itu agen yang mana, misal agen togamas banyak diminati konsumen daripada agen gramedia. Maka seorang manajer akan lebih tanggap untuk pasokan buku lebih banyak untuk togamas daripada gramedia.
  2. Fact: adalah data utama yang dipakai untuk membuat dimensi-dimensi tersebut di atas. Jadi data penjualan ini digunakan untuk mengetahui hasil penjualan berdasarkan waktu, lokasi, produk, produsen, dan agen. Sedangkan Stok gudang adalah data jumlah stok yang tersedia dan yang sudah habis terjual, sehingga dimensi-dimensi yang dibuat tersebut pun mendapatkan data dari stok gudang.


Sekilas mengenai information package yang digunakan untuk pengambilan keputusan. Semoga dapat memberi manfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar