Object-oriented programming (OOP) is a programming paradigm that uses "objects" – data structures consisting of data fields and methods together with their interactions – to design applications and computer programs. Programming techniques may include features such as data abstraction, encapsulation, modularity, polymorphism, and inheritance. Many modern programming languages now support OOP.(sumber: wikipedia).
Pemrograman berorientasi obyek (OOP) merupakan paradigma pemrograman yang menggunakan "objek", struktur data yang terdiri dari data dan metode digunakan bersama dengan interaksinya - untuk merancang aplikasi dan program komputer. Teknik Pemrograman dapat mencakup fitur seperti data abstraksi, enkapsulasi, modularitas, polimorfisme, dan pewarisan. Banyak bahasa pemrograman modern sekarang mendukung OOP, terutama Java.
Konsep OOP adalah konsep pembuatan class-class pada java yang kemudian semua class tersebut dipanggil dalam sebuah object dalam class lain, misal Main class. Dan implementasinya di Main class-nya.
Contoh syntax konsep OOP Java:
Kemudian panggil class tersebut di class Main.
Output:
Pemrograman berorientasi obyek (OOP) merupakan paradigma pemrograman yang menggunakan "objek", struktur data yang terdiri dari data dan metode digunakan bersama dengan interaksinya - untuk merancang aplikasi dan program komputer. Teknik Pemrograman dapat mencakup fitur seperti data abstraksi, enkapsulasi, modularitas, polimorfisme, dan pewarisan. Banyak bahasa pemrograman modern sekarang mendukung OOP, terutama Java.
Konsep OOP adalah konsep pembuatan class-class pada java yang kemudian semua class tersebut dipanggil dalam sebuah object dalam class lain, misal Main class. Dan implementasinya di Main class-nya.
Contoh syntax konsep OOP Java:
//*************** manusia.java *************** class manusia { private String nama; private String alamat; public String getNama() { return nama; } public void setNama(String nama) { this.nama = nama; } public String getAlamat() { return alamat; } public void setAlamat(String alamat) { this.alamat = alamat; } public void makan(){ System.out.println("bakso"); } } //****************************************
Kemudian panggil class tersebut di class Main.
//*************** Main.java *************** public class Main{ public static void main(String[] args) { manusia man = new manusia(); //membuat object di Main class man.setNama("mudafiq"); //meng-set nama man.setAlamat("Malang"); //meng-set alamat System.out.print("Nama saya "+man.getNama()+", alamat saya di "+man.getAlamat()); //get nama dan alamat System.out.print(" dan saya suka makan "); man.makan(); // memanggil method makan } } //****************************************
Output:
Nama saya mudafiq, alamat saya di Malang dan saya suka makan bakso
Tidak ada komentar:
Posting Komentar