Dhafiq Sagara adalah orang bodoh yang tidak bisa apa-apa, tapi dia selalu berusaha untuk terus menjadi yang lebih baik. Rasa keingin-tahuannya sangat tinggi, selalu berusaha dan terus berusaha, trial dan error adalah prinsip belajarnya.

9 Okt 2010

Pemrograman Berorientasi Objek - Java Basic

Object-oriented programming (OOP) is a programming paradigm that uses "objects" – data structures consisting of data fields and methods  together with their interactions – to design applications and computer programs. Programming techniques may include features such as data abstraction, encapsulation, modularity, polymorphism, and inheritance. Many modern programming languages now support OOP.(sumber: wikipedia).

Pemrograman berorientasi obyek (OOP) merupakan paradigma pemrograman yang menggunakan "objek", struktur data yang terdiri dari data dan metode digunakan bersama dengan interaksinya - untuk merancang aplikasi dan program komputer. Teknik Pemrograman dapat mencakup fitur seperti data abstraksi, enkapsulasi, modularitas, polimorfisme, dan pewarisan. Banyak bahasa pemrograman modern sekarang mendukung OOP, terutama Java.

Konsep OOP adalah konsep pembuatan class-class pada java yang kemudian semua class tersebut dipanggil dalam sebuah object dalam class lain, misal Main class. Dan implementasinya di Main class-nya.

Contoh syntax konsep OOP Java:
//*************** manusia.java ***************
class manusia {
    private String nama;
    private String alamat;

    public String getNama() {
        return nama;
    }

    public void setNama(String nama) {
        this.nama = nama;
    }

    public String getAlamat() {
        return alamat;
    }

    public void setAlamat(String alamat) {
        this.alamat = alamat;
    }
    
    public void makan(){
        System.out.println("bakso");
    }
}
//****************************************

Kemudian panggil class tersebut di class Main.
//*************** Main.java ***************
 public class Main{
    public static void main(String[] args) {
        manusia man = new manusia(); //membuat object di Main class
        man.setNama("mudafiq"); //meng-set nama
        man.setAlamat("Malang"); //meng-set alamat
   System.out.print("Nama saya "+man.getNama()+", alamat saya di "+man.getAlamat()); //get nama dan alamat
        System.out.print(" dan saya suka makan ");
        man.makan(); // memanggil method makan
    }
} 
//****************************************

Output:
Nama saya mudafiq, alamat saya di Malang dan saya suka makan bakso

Tidak ada komentar:

Posting Komentar