Dhafiq Sagara adalah orang bodoh yang tidak bisa apa-apa, tapi dia selalu berusaha untuk terus menjadi yang lebih baik. Rasa keingin-tahuannya sangat tinggi, selalu berusaha dan terus berusaha, trial dan error adalah prinsip belajarnya.

10 Apr 2010

Query Mengambil Beberapa Digit Dari Database - PostgreSQL

Mari kita membahas mengenai bagaimana mengambil beberapa digit dari database?? Nah kali ini saya akan menggunakan postgreSQL. Kalo untuk MySQL atau Oracle, belum ku coba. Tapi pada dasarnya konsepnya sama saja. Mungkin hanya beda pada codenya saja.

Jadi gini, kita bisa mengambil beberapa digit dari sebuah data menggunakan query. Misal terdapat tabel beban_pembayaran dan biodata_mahasiswa. Nah didalam biodata_mahasiswa ada kolom nim dan nama. Sedangkan di tabel beban_pembayaran ada kolom angkatan_akademik dan jumlah_beban. Dan biasanya kan angkatan itu terdapat pada beberapa digit nim. Ketika dihadapkan pada kasus, bagaimana menampilkan data beban_pembayaran berdasarkan angkatan_akademik. Nah bagaimana query dari itu??

Pada kasus di atas, begini query-nya:
select * from biodata_mahasiswa left join beban_pembayaran on (substring (nim from 1 for 4)) = angkatan_akademik

Jadi dengan perintah substring, kita bisa mengambil bebarapa digit dari data. Pada contoh di atas, yang diambil adalah digit 1 sampai 4 dari nim yang disamakan dengan angkatan_akademik.


berikut hasil dari query di atas:

Pada tabel tersebut telah dibuktikan bahwa nim dengan angkatan_akademik telah disingkronkan data yang sesuai. Nim 07560242 disingkronkan dengan data angkatan_akademik 0756. Begitu pula yang nim 06560081 dengan angkatan_akademik 0656.

Semoga bermanfaat yach...!!!
Selamat mencoba..!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar