Dhafiq Sagara adalah orang bodoh yang tidak bisa apa-apa, tapi dia selalu berusaha untuk terus menjadi yang lebih baik. Rasa keingin-tahuannya sangat tinggi, selalu berusaha dan terus berusaha, trial dan error adalah prinsip belajarnya.

15 Apr 2009

Mengubah Warna Themes Pada Ubuntu

Ubuntu adalah sistem operasi yang menerapkan open source dimana soure code dari setiap fiturnya disediakan untuk bebas diubah oleh user. Pada themes, disediakan source codenya yang terletak pada directory /usr/share/themes. Pada directory tersebut terdapat macam-macam themes yang telah terpasang pada sistem operasi ubuntu anda. Di dalam folder themes tersebut terdapat source code dari themes tersebut.


Jika anda bosan terhadap warna dari tiap-tiap themes yang terpasang pada Ubuntu anda, anda bisa mengubah warna dari themes tersebut. Anda bisa mengubahnya pada file gtkrc yang terdapat di dalam folder gtk-2.0 dari masing-masing folder di dalam folder themes.

Di dalam file gtkrc tersebut, kita bisa mengubah kode warna yang kita inginkan. Anda bisa memilih salah satu folder themes untuk di edit sesukamu. Berikut saya sediakan contoh file gtkrc yang telah saya edit, dapat anda download themes versi blue forest Blue-Forest-Themes.tar.gz.

Di dalam file gtkrc tersebut terdapat code-code warna. Anda bisa memilih warna sesuka hati anda.

Pada contoh gtkrc yang udah saya edit tersebut dapat melakukan import gambar untuk tampilan pada menu seperti pada menu Applications, Places, System pada panel, menu file pada jendela kerja, dan menu pada klik kanan.

Anda bisa mencobanya dahulu untuk mengubah warna themes pada ubuntu itu.




Demikian tutorial dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf. Jika ada pertanyaan mengenai hal ini, dapat menghubungi saya di alamat ID yahoo saya. silahkan kontak saya di Yahoo... OK..!!!



SILAHKAN MENCOBA...!!!
SALAM DARI DHAFIQ-SAN

2 komentar: