Dhafiq Sagara adalah orang bodoh yang tidak bisa apa-apa, tapi dia selalu berusaha untuk terus menjadi yang lebih baik. Rasa keingin-tahuannya sangat tinggi, selalu berusaha dan terus berusaha, trial dan error adalah prinsip belajarnya.

18 Apr 2009

OSUM (Open Source University MeetUp)

Change (Y)our World


OSUM
(Open Source University MeetUp) adalah suatu komunitas open source dan merupakan media diskusi belajar mengenai produk-produk teknologi SUN Microsystem. Komunitas ini diperuntukkan khusus untuk universitas-universitas di seluruh dunia. Komunitas ini diwadahi dan dinaungi oleh SUN Microsystem yang merupakan pemasok dana terbesar di dunia open source.


OSUM (dibaca “awesome”) merupakan program dari Sun Microsystems untuk mendorong mahasiswa mengerti dan berpartisipasi dalam FOSS (Free Open Source Software).

Meetup merupakan pendorong kolaborasi dari klub yang ada, untuk membuat komunitas yang lebih kuat dengan mengadakan pertemuan-pertemuan.


OSUM dikampus bisa bertukar pikiran atau sharing ilmu dengan mengadakan pertemuan bulanan/mingguan, membuat proyek, mengadakan aktifitas seminar yang mendatangkan pembicara....

OSUM On-Line bisa bertukar pikiran di dalam forumnya OSUM. Mengirim komentar, memberkan ilmu melalui forum ini.


Dengan adanya OSUM ini, maka kita bisa mendapatkan banyak resources dan saling sharing untuk saling belajar tentang teknologinya Sun Microsystem dan membangun network dengan mahasiswa lain di seluruh dunia yang telah tergabung dalam OSUM ini. OSUM ini sifatnya internasional.


FOSS (Free Open Source Software) mengubah dunia kita:
  • FOSS menjanjikan dalam dunia digital
  • Flexibilitas bertambah
  • Kebebasan untuk berpartisipasi, berkolaborasi, berkreasi dalam menggunakan dan mengembangkan produk open source
  • Open Source adalah peluang besar di zaman sekarang ini


Apa sih keuntungannya:
  1. Belajar dan berbagi ilmu lewat komunitas (OSUM adalah tempat yang tepat untuk saling belajar dan berbagi tentang FOSS, khusus teknologi Sun)
  2. Interaksi (OSUM memungkinkan kita untuk berinteraksi dan menambah teman dengan anggota OSUM lain di seluruh dunia)
  3. Dukungan langsung dari Sun Microsystem dalam berbagai resources
  4. Potongan biaya sertifikasi Sun melalui Sun Academic Initiative (SAI) yang merupakan sertifikasi bersifat internasional.


Untuk lebih jelasnya mengenai OSUM, click here to download slide tentang OSUM.


Silahkan registrasi dan daftarkan segera di alamat http://osum.sun.com/




Jika sudah ada yang gratis dan gak kalah bagus, kenapa harus menggunakan software yang berbayar....!!!??



Tidak ada komentar:

Posting Komentar