Dhafiq Sagara adalah orang bodoh yang tidak bisa apa-apa, tapi dia selalu berusaha untuk terus menjadi yang lebih baik. Rasa keingin-tahuannya sangat tinggi, selalu berusaha dan terus berusaha, trial dan error adalah prinsip belajarnya.

4 Des 2010

Pengenalan Database Terdistribusi

Database Terdistribusi adalah sekumpulan data yang saling terhubung secara logic dan digunakan bersama-sama dalam suatu jaringan komputer. Dengan kata lain, distribusi data ini memungkinkan unit lain dapat mengakses data dari suatu unit tertentu.

DMBS itu apa sih? DBMS merupakan kependekan dari Database Managemen System merupakan perangkat lunak yang mengatur dan menangani semua pengaksesan database yaitu bisa insert, update, delete, dan memelihara database. DBMS itu yang umum dipakai diantaranya adalah MySQL, PostgreSQL, Oracle, Access, dan lain-lain.

DBMS (Database Management System) Terdistribusi adalah sebuah perangkat lunak yang membuat pendistribusian data dan memberikan mekanisme akses data yang akan membuat basis data ini transparan kepada user yang menggunakan.



Data akan disimpan dalam beberapa site dimana setiap site secara logic memiliki sebuah processor, dimana processor dari site yang berlainan akan terhubung didalam sebuah jaringan computer, sehingga tidak akan ditemukan adanya multiprocessor.

Tiga faktor penting yang dapat menjadi acuan pada saat mendesain basis data terdistribusi :
  1. Fragmentasi data = dimana data akan dipecah-pecah kedalam unit logic yang kemudian akan disimpan dalam site yang berbeda.
  2. Replikasi data = merupakan salinan dari tiap-tiap fragment yang dapat pula disimpan dalam beberapa site.
  3. Alokasi data = tiap fragment data harus dialokasikan kepada satu atau beberapa site, dimana fragment tersebut akan disimpan.

Tipe Database Terdistribusi
  1. Homogen adalah suatu sistem yang menjalankan tipe DBMS yang sejenis di setiap unit distribusi data. Misal: MySQL didistribusikan dengan MySQL. Oracle dengan Oracle. Jadi keterhubungan DBMS tersebut antara DBMS yang sama.
  2. Heterogen adalah suatu sistem yang menjalankan tipe DBMS yang berbeda di setiap unit distribusi datanya, baik secara relational DBMS ataupun non relational DBMS. Misalkan di suatu unit memakain DBMS Oracle, dan di unit lain memakain DBMS PostgreSQL, akan tetapi DBMS tersebut tetap terkait/terhubungkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar