Dhafiq Sagara adalah orang bodoh yang tidak bisa apa-apa, tapi dia selalu berusaha untuk terus menjadi yang lebih baik. Rasa keingin-tahuannya sangat tinggi, selalu berusaha dan terus berusaha, trial dan error adalah prinsip belajarnya.

13 Nov 2009

Apache Tomcat 5.5 Dan Menambahkan Package Administration

Apache tomcat adalah server web berbasis opensource yang mendukung untuk penggunaan JSP (Java Server Pages). Secara default, server tomcat ini belum memiliki package admin, sehingga tidak ada akses untuk admin. Yang ada hanyalah tomcat manager untuk men-deploy aplikasi web melalui file .war dari java web.

Ketika kita berusaha masuk ke URL admin ada keterangan Tomcat's administration web application is no longer installed by default. Download and install the "admin" package to use it. Hal itu dikarenakan tidak ada package admin dalam apache tomcat tersebut. Akses administration server tomcat ini bisa untuk setting JNDI. Apa itu JNDI??

Java Naming and Directory Interface (JNDI) adalah sebuah API yang mendeskripsikan library Java yang standar untuk mengakses layanan naming dan directory seperti Domain Naming Service (DNS), dan Lightweight Directory Access Protocol (LDAP)


Silahkan download apache-tomcat-installer-5.5.25.exe dan package admin apache-tomcat-5.5.25-admin.zip.

Setelah anda download file-file tersebut, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Sebelum melakukan instalasi, pastikan dikomputer anda telah terinstall JDK
  2. Lakukan instalasi apache tomcat 5.5 pada komputer anda. Jalankan file apache-tomcat-installer-5.5.25.exe
  3. Tentukan port connection yang digunakan untuk apache tomcat, secara default adalah 8080, tetapi anda juga bisa menggantinya dengan port lain semisal 8088. 
  4. Setelah instalasi apache tomcat selesai, lakukan konfigurasi apache-tomcat-admin seperti berikut:

    1. Extract file apache-tomcat-5.5.25-admin.zip ke C:\Program Files\Apache Software Foundation\Tomcat 5.5
    2. Jika cara langsung tersebut kurang berhasil, lakukan peng-copy-an secara manual, yaitu dari file extract-an apache-tomcat-5.5.25-admin.zip tersebut terdapat file admin.xml di dalam \conf\Catalina\localhost, copy-kan file admin.xml ke dalam folder C:\Program Files\Apache Software Foundation\Tomcat 5.5\conf\Catalina\localhost
    3. Kemudian di dalam hasil extract-an apache-tomcat-5.5.25-admin.zip tersebut terdapat folder admin pada directory \server\webapps, copy-kan folder admin tersebut ke dalam folder C:\Program Files\Apache Software Foundation\Tomcat 5.5\server\webapps


  5. Instalasi dan konfigurasi selesai. Kemudian silahkan start apache tomcat anda. Melalui Start menu - Apache Tomcat 5.5 - Configure Tomcat - Kemudian Start.
  6. Jalankan web browser anda
  7. Ketikkan URL http://localhost:8080/ (8080 merupakan port yang digunakan sesuai dengan port yang dipakai saat instalasi)
  8. Klik Tomcat Administration atau ketikkan URL http://localhost:8080/admin
  9. Dan anda akan dibawa masuk ke halaman login admin tomcat server



  10. Masukkan username dan password. (secara default, username: admin dan password: admin). Jika anda lupa username dan password admin, lihat isi file tomcat-users.xml di directory C:\Program Files\Apache Software Foundation\Tomcat 5.5\conf  yang isinya roles="admin, manager". Dari roles tersebut terdapat username dan password dari admin.


Selamat belajar..!!!
Semoga bermanfaat..!!!

1 komentar:

  1. installing and configuring Apache Tomcat 5.5 for use as a standalone Web server (for development) that supports servlets 2.4 and JSP 2.0. Tomcat tutorial covers version 5.5.17, but the steps are almost the same for any Tomcat 5.5.x version. For coverage of Tomcat 6, see the separate Tomcat 6 tutorial. For coverage of older Tomcat versions, please see the Apache Tomcat 5.0 and 4.0 tutorial.

    BalasHapus