Dhafiq Sagara adalah orang bodoh yang tidak bisa apa-apa, tapi dia selalu berusaha untuk terus menjadi yang lebih baik. Rasa keingin-tahuannya sangat tinggi, selalu berusaha dan terus berusaha, trial dan error adalah prinsip belajarnya.

29 Jan 2009

KEANEHAN WINDOWS bagian 3: Mengetikkan Perintah =rand(200,9) Pada Microsoft Office Word

Coba ketikkan perintah "=rand (200,9)" (tanpa tanda petik) kemudian enter. apakah yang terjadi? WOW..dokumen anda berubah jadi banyak kayak gitu ya...? hahaha...itulah keanehan OS Windows ciptaan Mr. Bill Gates.


Untuk angka 200 dan 9 itu terserah anda mau diisi berapapun. misal =rand(20,10) juga bisa. coba coba yukk...!!! tanpa mencoba, kita tidak akan tau kan...?? hehehe.... :-D

Kenapa bisa seperti itu?

MARI KITA BAHAS BERSAMA

Jika anda mengetikkan =rand(200,9), maka akan keluar paragraf sebanyak 200 paragraf dan ditiap paragrafnya terdapat 9 kalimat. jadi itulah maksud dari angka-angka yang ada didalam kurung tsb.
- rand berarti random
- angka pertama adalah jumlah paragraf
- angka kedua adalah jumlah kalimat ditiap paragrafnya


MARI KITA TELITI BERSAMA

Coba ketikkan "=rand(20,9)" (ingat!!tanpa tanda petik ya...) kemudian enter. Maka yang terjadi adalah tercipta dokumen dengan jumlah 20 paragraf dimana ditiap kalimatnya selalu sama ditiap paragrafnya.

Coba ketikkan "=rand(20,7)". Apa yang terjadi? Yang terjadi adalah kalimat ditiap 9 paragrafnya tidak ada yang sama. Jadi untuk paragraf ke-10 akan mengulangi seperti paragraf pertama lagi.
Paragraf ke-10 akan sama dengan paragraf ke-1
Paragraf ke-11 akan sama dengan paragraf ke-2
Paragraf ke-12 akan sama dengan paragraf ke-3
Paragraf ke-13 akan sama dengan paragraf ke-4
Paragraf ke-14 akan sama dengan paragraf ke-5
Paragraf ke-15 akan sama dengan paragraf ke-6
Paragraf ke-16 akan sama dengan paragraf ke-7
Paragraf ke-17 akan sama dengan paragraf ke-8
Paragraf ke-18 akan sama dengan paragraf ke-9
dan paragraf ke-19 dst akan mengulang lagi dari paragraf ke-1
Begitu seterusnya sesuai jumlah paragraf yang diinputkan user.

KESIMPULANNYA:
Jumlah kalimat maksimal dari perintah =rand() adalah 9 kalimat agar tercetak kalimat yang sama ditiap paragrafnya. jika kurang dari 9, maka untuk paragraf berikutnya akan melanjutkan kalimat yang belum dicetak. Terus diulang sampai 9 paragraf, kemudian kalimat akan kembali seperti paragraf awal. dan terus diulang-ulang sebanyak jumlah angka pertama yang diinputkan oleh user.

Mengapa bisa seperti itu?

MARI KITA BAHAS BERSAMA

Trik pada Microsoft Office Word ini oleh kebanyakan programmer disebut dengan EASTER EGG.
Hal yang lumrah kalo seorang programmer menyisipkan hal-hal yang aneh didalam software buatannya. Hal-hal inilah yang dilakukan oleh programmer pembuat MS.Word. Hal-hal yang disembunyikannya dapat diakses melalui trik-trik tertentu. Itulah yang disebut EASTER EGG yang merupakan suatu trik untuk menemukan hal-hal yang disembunyikan programmer dalam software buatannya.
Trik =rand() di Ms. Word merupakan salah satu dari EASTER EGG.

ANEH JUGA YA WINDOWS-NYA MR. BILL GATES...
TAPI SERU JUGA MENELITINYA...!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar